Kamis, 20 Juni 2013

Kunjungan Kerja Wakil Menteri Kesehatan RI ke Kabupaten Lamongan





Wakil Menteri (Wamen) Kesehatan RI, Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti melakukan Kunjungan Kerja ke Lamongan Selasa 12 Maret 2013. Bersama Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsudin, Wamen menghadiri panen raya jagung sehat dan ramah lingkungan. Kepala BBTKLPP Surabaya dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim juga turut mendampingi.
Acara dirangkai dengan kunjungan ke Balai Pengobatan Muhammadiyah dan Puskesmas Perawatan di Kecamatan Paciran. Pada kesempatan yang sama, Tim PTM BBTKLPP Surabaya turut melakukan penyuluhan dan pelayanan deteksi dini penyakit tidak menular menggunakan mobil operasional lapangan.
Panen raya jagung sehat dan ramah lingkungan dilakukan di areal perkebunan milik anggota Kelompok Tani Ketan Siam, yang menanam varietas baru jagung ramah lingkungan tanpa menggunakan bahan kimia. Keunggulan lainnya, tongkol berbiji banyak dengan ukuran besar. Pada acara yang juga dihadiri Bupati Lamongan tersebut, wamen mengapresiasi komitmen petani menghasilkan pangan bermutu yang menyehatkan. Wamen mengharapkan konsumsi jagung sehat diutamakan bagi kebutuhan rumah tangga petani dan tidak semua hasilnya dijual. 

Dalam kunjungan Wamen ke Balai Pengobatan (BP) Muhammadiyah, beliau mengungkapkan angka hipertensi di Kabupaten Lamongan berdasarkan Riskesdas 2007 mencapai 40 persen. Angka tersebut menunjukkan tekanan darah 4 dari 10 orang Lamongan melebihi batas normal (> 120 / 80 mm/Hg menurut klasifikasi tekanan darah JNC VII, 2003).  Wamen mengarahkan agar BP yang telah berdiri sejak 2010 tersebut menambahkan upaya promotif dan preventif antara lain dengan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan serta pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM). Sebagai upaya mendukung kegiatan PTM, ditjen PPPL yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Direktur PPTM, Dr. Ekowati Rahajeng, SKM, M.Kes, menyerahkan bantuan lima set Posbindu Kit.

Berikutnya adalah kunjungan ke Puskesmas Perawatan Paciran. Kedatangan beliau disambut oleh Kadinkes. Kab. Lamongan serta Ka.Puskesmas Paciran. Wamen meninjau langsung kondisi fisik dan pelayanan Puskesmas serta menyempatkan diri berdialog dengan pasien tentang pelayanan kesehatan yang diterima. Wamen bersama Direktur PPTM menutup acara dengan pemberian 2 set Posbindu Kit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar